News

Permintaan Meroket, Kunyit ditukar dengan Emas di Pasar Gelap Sri Lanka

A Radio Medan – Siapa yang gak tau kunyit? Rempah yang mudah kita temukan ini punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Karena mudah ditemukan, mungkin kamu berfikir kalau kunyit hanya sebatas bumbu dapur biasa. Tapi berbeda dengan di Sri Lanka. Bumbu ini bahkan punya harga jual yang sangat tinggi dan laku di pasar gelap. Bahkan 100 kg kunyit selundupan bisa ditukar dengan 1 kg emas loh.

Pada bulan Desember, sekitar sebulan sebelum Sri Lanka melihat kasus Covid-19 pertamanya, pemerintahan baru Presiden Gotabaya Rajapaksha melarang impor berbagai rempah – termasuk kayu manis, jahe, pala, dan kunyit – dalam upaya untuk meningkatkan produk dalam negeri. Dulu harganya 350 Rupee Sri Lanka (US$ 1,90 atau Rp26,8 ribu) per kilogram sebelum pandemi, harga kunyit sekarang naik menjadi US$ 27 per kilogram (Rp381 ribu) – naik 13 kali lipat. Ada juga yang menukar 100 kg kunyit dengan 1 kg emas.

Selama beberapa bulan terakhir, pemerintah bahkan sudah menyita berkarung-karung kunyit selundupan. Di negara bagian Tamil Nadu, India, otoritas pesisir mengatakan mereka telah menyita 4.685 kg kunyit di satu distrik dalam dua bulan terakhir. Angkatan Laut Sri Lanka telah menyita lebih dari tujuh ton kunyit selundupan dari pihak mereka hingga Agustus.

Wah, kalau kamu buka kebun kunyit disana, auto kaya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *