News

Murah dan Akurat GeNose C19 Alat Deteksi COVID-19 Buatan UGM

A Radio Medan – Meningkatnya angka infeksi Covid-19 di Indonesia, membuat proses deteksi Covid-19 menjadi langkah yang penting. Ada beragam alat tes yang dikembangkan untuk mempercepat deteksi, seperti rapid test dan PCR. Begitu juga dengan Tim ahli Universitas Gadjah Mada (UGM) telah sukses memproduksi alat pendeteksi virus Covid-19 yang diberi nama GeNose C19 (GeNose).

Alat ini mendeteksi virus Covid-19 melalui embusan napas dengan alat yang telah terintegrasi dengan perangkat berbasis artifisial (Artificial Intelligence). Alat ini bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama nafas melalui embusan nafas ke dalam kantong khusus. Selanjutnya diidentifikasi melalui sensor-sensor yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence).

Ketua tim pengembang GeNose, Profesor Kuwat Triyana, menyebutkan orang yang terinfeksi Covid-19 memiliki karakteristik mengembuskan lebih banyak senyawa ethyl butanoate dibandingkan orang sehat. Hal ini yang jadi pembedanya, bukan munculnya senyawa baru. Senyawa yang sudah ada tersebut, kemudian akan diketahui lebih tinggi atau rendah.

GeNose juga memiliki kemampuan mendeteksi virus corona kurang dari 1 menit dengan hasil tes sudah dapat diketahui apakah positif atau negatif Covid-19. Prof. kuwat menjelaskan nantinya biaya tes dengan GeNose cukup murah hanya sekitar Rp15.000-Rp25.000. Harga tersebut untuk mengganti kantong napas yang dibutuhkan sebagai alat tes. Wahh kalau ada alat ini gak trauma sama jarum suntik lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *